spi.uinkhasiddiqjember@gmail.com 08123456789

Monev SPI dalam Penyerapan Anggaran Semester 1 Tahun 2023 di UPK dan UKPBJ

Home >Berita >Monev SPI dalam Penyerapan Anggaran Semester 1 Tahun 2023 di UPK dan UKPBJ
Diposting : Jumat, 28 Jul 2023, 08:46:55 | Dilihat : 171 kali
Monev SPI dalam Penyerapan Anggaran Semester 1 Tahun 2023 di UPK dan UKPBJ


Jember, 27 Juli 2023 - Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq Jember telah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) sebagai bagian dari pengawasan SPI pada aspek penyerapan anggaran di semester 1 tahun 2023, serta upaya optimalisasi penyerapan anggaran di semester 2 di Unit Pengembangan Karier (UPK) dan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ). Kegiatan Monev di laksanakan pada hari Kamis, tanggal 27 Juli 2023.

Monev dilakukan langsung Kepala SPI UIN Jember, Dr. Retna Anggitaningsih S.E., M.M., CRMPA, CIAPA dan Sekretaris SPI, Agung Parmono S.E., M.Si., CRMPA, CIAPA serta tim. Tujuan dari Monev ini adalah untuk memastikan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran serta transparansi dalam pengelolaan keuangan di lingkungan UIN Jember.

Hasil Monev ditemukannya kekurangan dalam penyerapan anggaran di semester 1 tahun 2023. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan ternyata belum dilaporkan dengan lengkap, yang menandakan perlunya optimalisasi proses pelaporan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan anggaran.

Kepala SPI, Dr. Retna Anggitaningsih menyampaikan, "Hasil Monev yang telah kami lakukan menunjukkan bahwa ada beberapa kendala dalam proses penyerapan anggaran di semester 1 tahun ini. Oleh karena itu, SPI akan melakukan evaluasi mendalam untuk mencari solusi yang tepat agar pengelolaan anggaran lebih tertib dan efisien di masa yang akan datang."

Selain itu, Monev juga menyoroti pentingnya tertibnya administrasi dalam pengelolaan anggaran di UPK dan UKPBJ. Hal ini menjadi hal krusial dalam menghindari potensi kesalahan dan kebocoran dana yang dapat menghambat terwujudnya tata kelola perguruan tinggi yang baik.

SPI UIN Jember berkomitmen untuk terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala guna memastikan bahwa setiap anggaran yang disediakan dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan peruntukannya. Seluruh pihak terkait diharapkan dapat mendukung upaya ini agar terwujud tata kelola perguruan tinggi yang baik.

Diharapkan hasil dari Monev ini akan menjadi langkah awal bagi optimalisasi penyerapan anggaran pada semester 2 tahun 2023 di fakultas, lembaga dan unit yang ada di UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

;