header-int

Upgrading Kompetensi Auditor dengan Tema Meningkatkan Kompotensi Auditor Menuju Good UIN KHAS Jember

Jumat, 02 Des 2022, 10:12:37 WIB - 4 View
Share
Upgrading Kompetensi Auditor dengan Tema Meningkatkan Kompotensi Auditor Menuju Good UIN KHAS Jember

Peran audit internal mengalami perubahan yang dikenal dengan dekade kedua yaitu aktivitas audit internal ditekankan untuk independen dan sebagai fungsi penilai, sedangkan sikap kemitraannya dengan pendekatan internal control. Artinya audit internal dituntut untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan dalam hal ini tentu perguruan tinggi, di mana tujuannya bahwa perguruan tinggi diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasionalnya melalui pemberian assurance (mendukung pertumbuhan bisnis/kegiatan perguruan tinggi yang berkualitas), meningkatkan independen dan obyektifnya serta memberikan jaminan bahwa kontrol internalnya masih update dan berjalan dengan baik. Maka sikap auditor internal adalah kemitraan dengan pendekatan internal control. Untuk menunjang peran audit internal Satuan Pengawasan Internal dan meningkatkan pengetahuan sivitas akademik terkait audit internal, Satuan Pengawasan Internal UIN KHAS Jember menyelenggarakan "Upgrading Kompetensi Auditor dengan Tema Meningkatkan Kompotensi Auditor Menuju Good UIN KHAS Jember Governance".

Kegiatan Upgreading Kompetensi Auditor Jam dimulai 16:05 Wib-16:22  WIB tanggal 27 April 2022 bertepatan dengan bulan Puasa.hari pertama dibuka oleh Rektor UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.beliau menyampaikan bahwa  SPI sangat penting untuk mengimbangi inspektorat dalam pemeriksaan dan  SPI menjadi garda terdepan dalam mengelola perguruan tinggi dalam aspek keuangan dan fungsi-fungsinya, Pengajuan-pengajuan kegiatan lewat SPI meskipun agak lama namun untuk kesehatan bersama, Perubahan-perubahan regulasi harus direspon secara cepat, SPI terus memberi warning setiap aturan-aturan yang dikeluarkan.lebih lanjut rektor menyampiakan  Ditahun-tahun mendatang tidak boleh ada temuan-temuan dari Irjend dan BPK dan terkhir permintaan Rektor Dosen-Dosen perlu diberi ruang untuk menjadi auditor.

Setelah acara Pembukaan di hari Pertama kemudian dilanjutkan oleh pemateri pertma yaitu Dr.Ika Barokah Suryaningsih,SE,MM Bidang-Bidang Audit di Perguruan Tinggi yang dimulai pada Jam 16:27 Wib hingga menjelang berbuka puasa.Kegiatan berikutnya pada tanggal 28 April yang dimulai Jam 9.30 WIB sampai dengan Jam 12.00 WIB dengan pemateri Dr. Ir. Krisnamurti, M.T., CPIA selaku sekretaris SPI Unej yang menyampaikan materi Apgreading Kompetensi auditor Pengadaan Barang dan Jasa.acara kemudian dilanjutkan lagi pada Jam 13.30 Wib sampai dengan Jam 15.00 WIB dengan pemateri Kristian Suhartadi WN, S.E., M.M., CPIA, materi yang disampaikan Audit Internal Sumber Daya Manusia.Dari kegiatan tersebut kemudian ditutup pada Jam 16.00 WIB sampai dengan jam 16.30 WIB oleh Wakil rektor II Dr.Moch.Chotib, SE,MM dalam acara penutupan itu wakil rektor II mengapresai acara kegiatan Upgreading Kompetensi Auditor yang bisa dilaksanakan lagi pada tahun-tahun berikutnya agar SPI banyak memiliki Pool auditor yang kompeten.

Selain para pimpinan dan delegasi fakultas yang di wakilkan oleh wakil dekan II pada setiap fakultas untuk menjadi peserta acara, para anggota SPI  juga turut hadir, diantaranya ialah; Retna Anggitaningsih S.E., M.M (Kepala SPI), Dr. Moh Dasuki  M.Pd.I (Sekretaris SPI), Agung Parmono M.Si (Anggota SPI), Luluk Musfiroh M.ak (Anggota SPI), Ravika Mutiara Savitrah S.E., M.S.Ak (Anggota SPI), dan Denari Dhahana Edtiyarsih S.A., M.A  (Anggota SPI).

 

Unidha Universitas Islam Negeri (UIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, UIN KHAS Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2022 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube